SELAMAT TINGGAL BLOG

Setelah beberapa minggu gue ngeblog, banyak hal yang gue pelajari dari sini. Gue mempelajari kalo di dunia blog, berlaku hukum timbal balik. Jika lo sering berkunjung ke blog orang lain dan komen di postingannya, maka lo akan mendapatkan hal yang serupa pula.

Gue sebenarnya ingin terus ngeblog dan menuliskan cerita-cerita gue disini, tapi masalahnya adalah ketika ngeblog gueΒ  kesulitan untuk mendapatkan orang yang suka dengan karya gue.

Sebelumnya juga, gue sudah mengenal ada aplikasi wattpad dan beberapa media untuk menulis lainnya. Gue ingin banyak belajar dari media-media yang belum pernah gue coba ini, gue ingin melihat apakah disana ada orang-orang yang suka terhadap karya-karya gue nantinya.

Seiring dengan postingan ini mungkin gue akan memustuskan untuk tidur sebentar dari dunia blog, menidurkannya bukan berarti gue akan berhenti, gue hanya ingin istirahat dan liburan ke dunia-dunia lain yang belum pernah gue lihat sebelumnya.

See you next time.

Iklan

60 respons untuk β€˜SELAMAT TINGGAL BLOG’

Add yours

  1. Tidaaa! kamu harus tetap nuliiiiis di siniiiiii. Ini bukan soal dilihat atau gak dilihat kok.. seenggaknya ini bisa jadi ajang untuk latihan kamu kalau emang bener2 suka nulis… followers dan pengunjung blog aku malah jauh lebi sedikit drpd kamu ahahahahhaa. but it’s alright! i just love to write and writing keeps me sane…. so, pls dont stop πŸ™‚

    Disukai oleh 3 orang

  2. Usah bersedih engku muda, dilike ataupun tidak, difollow ataupun tidak bukan berarti orang tak membaca karangan engku muda. Menulis bukan untuk orang lain engku muda, bukan untuk disukai orang, bukan untuk dikomentari oleh orang. Melainkan salah satu tujuan dari menulis itu ialah untuk kepuasan bathin. Kalau niat engku untuk mendapat perhatian dari orang lain maka tentulah kecewa karena makhluk itu acap mengecewakan, yang tak mengecewakan itu ialah Khalik.
    Bukannya kami hendak membandingkan engku muda, tapi pada masa awal-awal kami bloging, tak satupun “like” nan didapat apatah lagi komentar. Bilangan tahun itu engku muda, mendapat tanda “like” satu buah saja sudah senangnya minta ampun, apalagi jika ada nan memberi komentar, senang bukan kepalang. Namun lebih banyak karangan kami tak mendapat apa-apa. Tak mengapa, karena penilaian manusia itu subjektif.
    Namun hal tersebut tak mematahkan semangat kami untuk menulis. Blog kita, adalah dunia kecil yang kita ciptakan sendiri sesuai dengan kehendak hati kita, tanpa diintervensi oleh Negara Adikuasa.
    Bangunlah engku muda, usah cemas apalagi geram. Jangan selalu memandang ke atas namun pandanglah ke bawah sekali-kali. Tengok kami (nan masih di bawah), tanda “like” tak pernah seramai kepunyaan orang. Engku lebih hebat, sebab dalam masa awal bloging telah mendapat tanda “suka” dan “komentar”, kami? jauh dari harapan.

    Selamat menulis engku muda..
    Salam dari Minangkabau dar es Salam

    Disukai oleh 7 orang

  3. Yah hiatus. Padahal lanjutin aja buat nulis. Emang sih pasti ada masanya pasang surut dalam berkarya bahkan jenuh. Bukan berarti nyerah gara-gara blog-nya sepi. Ane juga pernah ngalamin nasib kayak gitu. Pengunjung sepi di awal-awal nulis blog. Bahkan blog ane pun baru rame (ditambah like) setelah sepuluh tahun ane bikin blog. Apa ane bercanda? Ane serius. Ane inget bikin blog itu pas ane masih SMP sekitar tahun 2008.

    Saran ane sih cuman dua: jadi diri sendiri dalam tulisan juga tambahan sedikit SEO seperti tag dalam tulisan. Itu ngaruh banget lho buat pengunjung. Kalo kita udah nyaman jadi diri sendiri pasti nulis apapun bakalan enak. Tulisan dengan tema ringan sekalipun bisa menjadi menarik selama kita nyaman untuk menceritakannya. Itu yang bakal jadi ciri khas kita dan bikin orang lain mampir lagi ke blog kita. Soal SEO sih biar orang-orang lebih tahu aja sama karya kita. Siapa tahu ada penerbit yang kepincut terus terbitin karya kita dari blog jadi buku ‘kan mayan tuh.

    Sayang tuh kalo gak diterusin. Tetap semangat buat nulis ya πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  4. Saya sependapat dengan komen2 di atas. Sayang sekali hanya karena belum banyak di like dan koment anda istirahat ngeblog, Memang harus sabar untuk dapat ditengok banyak orang, perlu jam terbang istilahnya he he,
    Ok, semangat ya bung !

    Disukai oleh 2 orang

  5. Kamu udah selesai hiatusnya? Yuk, terus blogging lagi… Mau sepi mau ramai yang penting kita nulis dulu, seiring berjalannya waktu traffic akan makin naik kok dedek yam. Sayang loh kalo hobi nulis tapi cuman dipendam dalam hati, kamu gak mau kan jadi ayam jerawatan?

    Aku tunggu petualangan kamu lagi yaaa dedek yam πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  6. Wah, ternyata sudah banyak yang komentar. Aku ga tau apa masih pantes komentar ato ga. Haha.

    Dari beberapa yg saya baca komentar tulisan ini, saya juga setuju dgn komentar tersebut.
    Sebaiknya tanam di dalam diri kamu menulis untuk kamu sendiri untuk kesenangan anda sendiri, bukan untuk serta merta karena orang lain.
    Pujian, like, dan komentar itu adalah bonus buat kamu karena kamu sudah membuat sebuah karya.

    Benar kata kamu, semua itu timbal balik. Klo biologi bilang simbiosis mutualisme. Klo basa inggris, respect people if you wanna be respected. ^^
    Kalau kamu ga notice orang, bagaimana kamu bisa dinotice orang. Jadi perkenalkan dulu diri kamu baik baik ke orang orang dan kemudian orang akan dgn baik menyambut kamu.

    Kita sih ga bs memaksa org buat suka dgn tulisan kita, tapi sebaiknya kita terus belajar, introspeksi diri,Β  dan ga berhenti berkarya sehingga tulisan yg tadi ga disukai orang malah menjadi ga ada tandingannya dgn orang lain. ^^

    Kalo menurut saya jangan berhenti di suatu tempat karena tergiur dgn tempat lain. Kamu bahkan belum tau apa di sana akan lebih baik dr kamu yg di sini.
    Ya kamu boleh mencoba yg lain itu tapi sebaiknya jgn tinggalkan yg di sini, tapi perbaiki.
    Apalagi saya lihat ga sedikit pembaca kamu di sini. ^^

    Keep writing and learning.
    Fighting!

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: